Don't ever misjudge the 'weird' one!!!


'Aneh' memang merupakan salah satu kata yang sering kali dihindari oleh manusia, setidaknya untuk diucapkan keras-keras. Banyak yang berpikir bahwa aneh adalah suatu keburukan. Entah karena pengertiannya itu sendiri, atau karena stereotype yang beredar di masyarakat mengenai kata tersebut. Salah satu diantara keduanya.
Namun, di era yang semakin maju seperti saat ini keanehan merupakan hal yang sebaliknya dicari oleh kebanyakan orang. Barang-barang yang aneh laris manis di pasaran, tingkah laku yang aneh dijadikan panutan, berbagai macam kuliner aneh diserbu banyak peminat. Lalu, mengapa stereotype 'aneh' enggan hilang dari peraduannya dalam tatanan masyarakat? Padahal, masyarakatlah yang mencari keanehan itu sekarang. Tetapi aneh tetap saja dikucilkan.
Sebenarnya, keanehan itu sendiri adalah suatu hal yang langka dan jarang ditemukan. Sebagaimana pengertiannya, segala sesuatu yang langka, ganjil, dan jarang ditemui adalah hal yang aneh. Aneh membuat lingkungannya sendiri dalam peradaban, menciptakan tembok kokoh yang tidak tertembus secara kasat mata, melindungi jati dirinya yang memang sangat jarang bisa dikenali. Menjauhkan beribu pasang mata yang mendambakan penjelasan dari hadapannya.
Mengapa keanehan ini menjadi gula diantara ribuan semut sementara keanehan yang lain diperlakukan bak nila yang dapat merusak susu sebelanga? Mungkin, hanya mungkin, keanehan yang dikerubuti semut-semut itu adalah suatu keunikan yang wajar dan dapat diterima masyarakat, mengundang rasa ingin tahu dan penasaran yang dalam, namun cukup aman untuk didekati dan diterima keberadaannya. Sedangkan, sekali lagi hanya mungkin, keanehan bak nila tersebut adalah suatu keunikan yang memang begitu mengundang rasa penasaran bagi setiap mata yang melihat, akan tetapi terlalu beresiko tinggi untuk didekati, apalagi untuk diajak berinteraksi.
Lalu, apakah salah jika diri kita menjadi orang 'aneh' diantara masyarakat heterogen yang memadati ruang di sekeliling kita?
Menjadi aneh bukan berarti berdosa! Menjadi aneh tetapi benar adalah luar biasa! Tidak perlu takut menjadi aneh jika kita berjalan di jalan yang memang benar menurut agama dan kepercayaan kita. Orang cenderung mengkritik ketidaksesuaian seseorang, tetapi Allah hanya akan melihat amal dan iman kita di dunia. Seberapa pun anehnya kita, Allah akan tetap menyayangi kita dengan berkah dan rahmat-Nya yang tiada tara, asalkan kita pantas. Maka dari itu, jangan pernah takut menjadi aneh di mata dunia, jika dengan keanehan kita itu dapat menempatkan diri kita di sisi sang Khaliq yang berkuasa atas bumi dan langit.
So, don't worry and stay weird!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramuan Drama Cinta - Clara Ng

The Kingdom Out of Nowhere (Chapter I)

Jampi-Jampi Varaiya - Clara Ng