Jampi-Jampi Varaiya - Clara Ng



Aku suka banget baca buku terutama novel, bahkan bercita-cita punya perpustakaan kecil sendiri nanti, kalo udah punya rumah sendiri pastinya. Hehe, Semoga bisa terkabul. Amin. Beberapa minggu yang lalu aku nemuin novel yang seru buat dibaca, ini sedikit Share aja tentang ceritanya.

Jadi, sebenernya itu Trilogi karya Clara Ng. Ada tiga buku, yang pertama "Jampi-Jampi Varaiya", yang kedua "Ramua Drama Cinta", dan yang terakhir "Mantra Dies Irae". Buat yang penasaran sinopsisnya masing-masing silahkan dilanjutkan membaca.. ^^

Nah, di buku kesatu ini diceritakan seorang cewek yang bernama Oryza Sativa Raya yang merupakan seorang penyihir dan keluarganya yang tentunya juga penyihir, beserta orang yang dijodohkan oleh almarhumah mamanya dan teman-temannya yang kebanyakan juga penyihir. Siapa aja mereka?

Di buku ini tokoh utamanya udah tentu si tomboy tapi manis Oryza, dan ada juga Xander Banda yaitu orang yang dijodohkan oleh almarhumah mama Oryza. Perjodohan ini tercipta karena ide mama Oryza dan mama Xander yang notabene saling bersahabat dekat. Sebelum masuk ke cerita lebih lanjut, lebih dulu akan kuperkenalkan keluarga Raya (keluarga Oryza). Anggota keluarga Raya ada 4 orang yaitu Samudra Raya (dadi-nya Oryza), Zea Mays Raya (Kakak cewek Ory), Oryza Sativa Raya, dan yang paling bungsu Solanum Tuberosum Raya. Sedangkan mama Oryza sendiri sudah meninggal. Tapi, anggota keluarga Raya bertambah menjadi 5 orang, karena semenjak mama-nya meninggal Xander juga tinggal di rumah Oryza. Juga ada teman Oryza yaitu Paxilian Tanjung alias Pax yang sebenernya suka banget sama Ory dan bahkan rela mengubah bentuk jadi kucing hitam biar bisa deket2 cewek itu.

Oryza adalah anak tengah cewek yang paling tomboi, dan juga ga bisa masak. Setiap kali berurusan dengan dapur selalu ada peristiwa yang ga beres terjadi. Bahkan, semua orang yang tinggal di rumah itu pasti cari-cari alasan biar Oryza nggak masak. Apalagi Xander, dia bakal terang-terangan menolak memakan makanan Oryza. Hubungan antara Oryza dan Xander seperti anjing dan kucing, setiap hari selalu saja ada bahan yang bisa dibuat untuk bertengkar. Mereka berdua sama-sama menentang perjodohan kedua mama mereka tercinta.


Saking ngebetnya bisa masak enak, Ory sampai bela-belain beli rempah-rempah Varaiya dari adiknya, Sola. Rempah-rempah itu bakal membuat masakannya jadi enak. Tapi siapa sangka kalau rempah-rempah itu mempunyai efek sihir yang sangat kuat. Gara-gara salah memasukkan takaran rempah-rempah Varaiya yang semestinya cukup satu sendok aja, eh malah dimasukin semua satu stoples sama Ory waktu masak rendang, akibatnya rendang jadi hidup dan melarikan diri dari wajan. Roti yang kena percikan rempah jadi nyanyi2 sendiri pake bahasa rusia. Pokoknya hebohh banget.

Terus, Zea membuat minuman untuk dirinya sendiri dan Sola waktu malam hari. Teh Varaiya yang katanya Sola bonus dari rempah-rempah Varaiya itu yang diseduh sama Zea, dan lagi2 gara-gara over takaran, Zea dan Sola berubah jadi aneh, abnormal, mengerikan, terlalu bersemangat, overacting, dan apalah itu pokoknya aneh banget.

Setelah mencari tahu ke neneknya Strawberry, oh ya lupa belum mengenalkan para tokoh antagonis. seperti biasa, kalo ada yang baik pasti ada yang jahat. Nah, yang berperan sebagai tokoh antagonis adalah Strawberry,punya nenek namanya nenek Gray yang merupakan penyihir canggih di level teratas. Kalo Xander dan Oryza ada di level 9, nih nenek2 tua udah diatasnya. Strawberry dan neneknya punya toko nasi tim bebek yang enak banget. Dan rempah-rempah Varaiya dari Sola itu juga dari neneknya Strawberry.

Selanjutnya ada Aqua, dan kakanya, Agus yang merupakan anggota ningrat kaya. Strawberry maupun Aqua dua-duanya naksir Xander, makanya mereka pasti melakukan segala cara untuk mendapatkan Xander. Oke, kembali ke cerita setelah Ory dan Xander tanya ke nenek Gray mereka baru sadar bahwa mereka punya masalah besar. Ternyata nenek Gray tidak pernah menjual rempah-rempah Varaiya itu ke orang lain apalagi ke Oryza yang notabenenya musuh cucunya. Dan lebih mengagetkannya lagi, rempah-rempah itu dicuri dari toko beberapa hari yang lalu? Hayoo, tebak siapa pelakunya?

Rempah-rempah itu punya efek yang sangat kuat, kalo dimasak dengan takaran yang tepat bisa membuat orang yang memakannya menjadi lebih semangat, namun jika overdosis rempah-rempah itu punya kekuatan untuk menghidupkan benda mati. Sekarang terjawab sudah kenapa rendangnya bisa melarikan diri. Begitu pula dengan teh Varaiya, punya efek yang sama. Jika diminum dalam kadar yang berlebihan akan membahayakan peminumnya bahkan bisa menyebabkan kematian si peminum. Untuk itu, Oryza cuma punya waktu 2 minggu mencari penawar racun teh yang diminum kakak dan adiknya, jika tidak entah apa yang terjadi pada mereka, Oryza ngeri membayangkannya.

Dengan dibantu Xander, Pax, dan Dadinya (Samudra) dimulailah petualangan Oryza mencari Tamerit di pulau yang disihir agar tidak terlihat di peta yaitu Pulau Varaiya...

Novel ini seru banget buat dibaca karena selain namanya yang aneh2, ceritanya yang ngalor ngidul, juga romantisme cinta segi banyak antara para tokoh membuat novel ini jadi salah satu novel favoritku. Ngakak banget baca Xander sama Pax kalau lagi berantem. Wajib baca buat yang suka novel fiksi. Thanks sudah membaca, ma'af kalau kata-kantanya agak semrawut, maklum masih belajar. hehe..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramuan Drama Cinta - Clara Ng

The Kingdom Out of Nowhere (Chapter I)